Friday, April 13, 2018

Workshop Enumerator Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2018

Workshop Enumerator Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS)
Korwil III Provinsi Nusa Tenggara Barat 
Tahun 2018



Kegiatan Pelatihan (Workshop Enumerator Riset Kesehatan Dasar) merupakan kegiatan yang di laksanakan dalam rangka melatih dan memberikan pemahaman serta kesamaan pandangan terhadap kegiatan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) dengan jumlah Peserta 208 orang Enumerator (Petugas Pengumpul Data) yang mana kegiatan riset ini akan menggali informasi terkait indikator-indikator kesehatan yang spesifik meliputi pelayanan kesehatan, prilaku, biomedis dan lingkungan. Kegiatan pelatihan ini di laksanakan selama 9 (Sembilan) Hari dari tanggal 12-20 April 2018 yang berlokasi di Hotel Lombok Raya Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan Pelatihan enumerator ini juga dibuka secara resmi oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat Bapak Marjito, S.Si, SKM., M.Kes. dan Di dampingi Oleh Kepala Bidang PSDMK Dinas Kesehatan Provinsi NTB Bapak L. Budarja, SKM., M.Kes. dimana pada acara ini juga di hadiri oleh Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, Bapak dr. Siswanto, MPH, DTM. dimana pada saat yang bersamaan juga di lakukan Penyematan secara simbolis kepada dua orang perwakilan Enumerator.

Materi pelatihan Enumerator ini di sampaikan oleh Tim Pelatih nasional yang mana materi ini banyak berkaitan dengan indikator kesehatan yang spesifik seperti : akses fasilitas kesehatan, kesehatan jiwa, kesehatan lingkungan, penyakit tidak menular dan penyakit menular, disabilitas (ketidakmampuan), cedera, pelayanan kesehatan tradisional, prilaku, pengetahuan dan sikap terhadap HIV, pemberian tablet tambah darah (TTD), kesehatan ibu dan kesehatan balita, pengukuran antropometri.

Setelah Proses pelatihan diharapkan enumerator dapat langsung melakukan kunjungan rumah tangga untuk melakukan wawancara guna menggali informasi indikator kesehatan tersebut dimana indikator kesehatan secara umum sebelumnya telah di kumpulkan oleh kegiatan Susenas dari Badan Pusat Statistik (BPS) dimana kegiatan Riskesdas 2018 terintegrasi dengan kegiatan susenas dimana sampel susenas seluruhnya di teliti oleh Enumerator Riskesdas. saat melakukan kunjungan untuk wawancara/ Pengumpulan data (Puldat), enumerator di bekali oleh beberapa peralatan seperti tanda pengenal berupa surat tugas, ID card, tas, jaket dan topi yang menandakan enumerator riskesdas serta beberapa perlengkapan untuk melakukan kegiatan pengukuran antropometri, serta Biomedis.(Cino)



Acara Pembukaan yang di hadiri oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB 
Bapak Marjito, S.Si, SKM., M.Kes. dan Di dampingi Oleh Kepala Bidang 
PSDMK Dinas Kesehatan Provinsi NTB Bapak L. Budarja, SKM., M.Kes.  
dan di hadiri juga Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 
Bapak dr. Siswanto, MPH, DTM.



Penyematan tanda Enumerator oleh Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 
Bapak dr. Siswanto, MPH, DTM 
dan di dampingi oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB 
Bapak Marjito, S.Si, SKM., M.Kes.  

No comments:

Post a Comment

Tampilan arsip Teratas

PSEA (Protection from Sexual Exploitation and Abuse)

PERKENALAN PSEA (Protection from Sexual Exploitation and Abuse) Dalam semua konteks di mana lembaga atau organisasi pembangunan dan/atau ban...

Tampilan Arsip Populer