Wednesday, August 16, 2017

Fakultas Kesehatan Masyarakat UNTB Kembali Meluluskan Sarjana Baru

Fakultas Kesehatan Masyarakat UNTB  
Kembali Meluluskan Sarjana Baru


yudicium mahasiswa FKM-UNTB 2017



Fakultas Kesehatan Masyarakat UNTB kembali meluluskan Sarjana Kesehatan Masyarakat. FKM UNTB merupakan satu satunya Perguruan Tinggi yang meluluskan SKM. Tahun Akademik 2016/2017  ini berhasil meluluskan 50 orang lulusan  yang diyudisium di kampus pada tanggal 28 Juli 2017. Hadir dalam acara Yudisium Rektor UNTB Dr. Ir. H. Mashur, MS dan Jajarannya, Dekan FKM Murtiana Ningsih, SKM., M. Kes, Sekretaris Dr. M. Karjono, SKM., M.Kes serta Bapak Ibu Dosen di Lingkup Fakultas Kesehatan Masyarakat UNTB. Bertindak selaku Ketua Penyelenggara Yudisium yaitu Dr. M. Karjono, SKM., M.  Kes yang merupakan alumni FKM UNTB yang juga berhasil meraih gelar Doktor termuda di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Pada Tahun 2017.
Proses yudisium berlangsung khidmat. Para lulusan menggunakan almamater dan selempang ciri khas FKM UNTB. Proses yudisium tahun ini sangat membanggakan, sepuluh orang lulusan berhasil memperoleh IPK Cummloude.
Dekan FKM UNTB Murtiana Ningsih,SKM.,M.Kes mengatakan hingga kini tercatat  1002 orang lulusan yang sudah menjadi Sarjana Kesehatan Masyarakat sejak berdiri pada tahun 2000 lalu. Tersebar di berbagai instansi pemerintah dan swasta. Peluang lulusan  diserap bekerja cukup besar. Kompetensi yang dimiliki oleh SKM yaitu mampu melakukan kajian dan analisis situasi, mampu mengembangkan kebijakan dan perencanaan, mampu berkomunikasi secara efektif, mampu memahami budaya setempat, mampu melaksanakan pemberdayaan  masyarakat, memiliki penguasaan ilmu kesehatan masyarakat, memiliki kemampuan perencanaan keuangan dan memiliki kemampuan mengelola organisasi. Dengan kompetensi yang dimiliki diharapkan lulusan FKM UNTB dapat berkompetisi dengan lulusan lainnya.
Para lulusan sudah mengikuti ujian kompetensi SKM dan dinyatakan berkompetensi dengan diberikannya sertifikat kompetensi SKM Level 6. Hingga saat ini sekitar tujuh puluh persen lulusan FKM UNTB yang dipercaya sebagai Pimpinan Puskesmas di Seluruh Provinsi NTB. (Cino)

No comments:

Post a Comment

Tampilan arsip Teratas

PSEA (Protection from Sexual Exploitation and Abuse)

PERKENALAN PSEA (Protection from Sexual Exploitation and Abuse) Dalam semua konteks di mana lembaga atau organisasi pembangunan dan/atau ban...

Tampilan Arsip Populer