Saturday, May 20, 2017

HUBUNGAN SIKAP PEKERJA TERHADAP PENERAPAN PROG K3 DENGAN KOMITMEN PEKERJA PADA PERUSAHAAN DI PT.SURYAMAS LESTARIPRIMATANJUNG MORAWA

HUBUNGAN SIKAP PEKERJA TERHADAP PENERAPAN PROG K3 DENGAN KOMITMEN PEKERJA PADA PERUSAHAAN DI PT.SURYAMAS LESTARIPRIMATANJUNG MORAWA

SKRIPSI
Diajukan sebagai salah satu syarat
untuk menyelesaikan Tugas Kuliah Higyene Perusahaan
Pada Program Studi Fakultas Kesehatan Masyarakat
Universitas Nusa Tenggara Barat


Oleh :
M. ARIPIN ATMAJAYA
NIM : 311 13 014

Fakultas kesehatan masyarakat
UNIVERSITAS NUSA TENGGARA BARAT
2014/2015
KATA PENGANTAR

           Dengan memanjatkan segala puji syukur kehadirat Allah SWT atas karunia, rahmat dan hidayah-Nya, Sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Higyene Perusahaan  dengan judul “HUBUNGAN SIKAP PEKERJA TERHADAP PENERAPAN PROG K3 DENGAN KOMITMEN PEKERJA PADA PERUSAHAAN DI PT.SURYAMAS LESTARIPRIMATANJUNG MORAWA dibuat sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan tugas matakuliah Higyene Perusahaaan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Tenggara Barat.
Semoga doa, dukungan dan perhatian dari semua pihak yang telah diberikan kepada penulis mendapat balasan dari ALLAH SWT, Amien. Penulis menyadari bahwa penyusunan tugas mata kuliah  ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik serta saran yang membangun sangat penulis harapkan demi sempurnanya tugas makalah ini.
Akhir kata dengan segala kerendahan hati, penulis mengharapkan semoga tugas ini dapat memberikan manfaat, khususnya bagi penulis sendiri dan bagi semua pihak yang membutuhkan pada umumnya.










DAFTAR ISI

COVER..............................................................................................           .          
KATA PENGANTAR............................................................................... ...          
DAFTAR ISI.............................................................................................. ...          
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang................................................................................. ..
B.     Rumusan Masalah..............................................................................                        
C.     Tujuan.............................................................................................. ..           
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A.    Sikap terhadap penerapan k3
B.     Komitmen karyawan pada perusahaan
C.     Hubungan sikap pekerja terhadap penerapan k3
BAB III METODE PENELITIAN
A.    Jenis penelitian
B.     Lokasi dan waktu penelitian
C.     Metode oengumoulan data
D.    Defenisi oprasional
E.     Aspek
         
BAB IV PEMBAHASAN……………………………………………………       
BAB V PENUTUP
A.    Kesimpulan.............................................................................................
B.     Saran................................................................................................ ....         
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Suatu perusahaan berkewajiban mengusahakan agar karyawan memiliki kesadaran untk turut bertanggung jawab atas kelancaran , kemajuan, kemajuan  dan  kelangsungan hidup perusahaan . di samping itu pemerintah juga bertanggung jawab menciptakan dan memelihara terbinannya hubugan yang serasi antara pengusaha dan  karyawan. Komitmen yang tinggi akan memberikan dampak positif itu antara lain terhadap perusahaan lain, dampak positif  antara lain meningkatkan prokdutifitas kualitas kerja dan kepuasan kerja serta menurunnya keterlambatan kerja dari karyawan. Pentingnya dilakukan usaha-usaha untk melindungi karyawan didalam  menjalankan pekerjaan  telah mendapatkan perhatian dari pemerintah dengan di keluarkan nya undang-undang keselamatan kerja NO . 1 tahun 1970
Oleh karena itu pemerintah pada  1984 mengadakan suatu program kampanye nasional program K3, dengan terjaminnya  K3 oleh perusahaan akan menyebabkan kariawan merasa mempunyai rasa nyaman dan rasa memiliki di perusahaan dan bertanggung jawab. Diketahui bahwa peneraan K3 di perusahaan ini sudah mulai sejak awal berdirinya perusahaan ini pada tahun 1988. Tetapi kecelakan kerja masih saja terjadi.
Dari survey pendahuluan juga di ketahui bahwa kehadiran pekerja cukup baik. Maka berdasarkan hal tersebut penulus tertarik untuk meneliti hubungan antara sikap pekerja terhadap penerapan program K3 dengan komitmen pekerja di perusahaan tersebut.
B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang  menjadi masalah  dari penelitian ini adalah apakah ada hubungan  sikap pekerja terhadap  penerapan program K3dengan komitmen pekerja pada perusahaan  di  PT. suryamas lestariprima tanjung morawa tahun 2005.
C.     TUJUAN
a.       Tujuan umum
Untuk mengetahui hubungan sikap pekerja pada perusahaan di PT. suryamas lestariprima tanjung morawa tahun 2005.
b.      Tujuan  khusus
·         Untuk mengetahui sikap pekerja terhadap program K3 diperusahaan

BAB II
TINJUAN PUSTAKA

A.    Sikap terhaadap penerapan program K3
Sikap adalah kesiapan , kesediaan untuk bertindak dan bukan sebagai pelaksana motif tertentu. Sikap merupakan suatu kesatuan  kognisi yang mempunyai valensi yang akhirnya berintegrasi ke dalam pola yang lebih luas. Sikap merupakan suatu respon atau reaksi yang masih tertutup oleh orang oleh suatu stimulus atau objek.
B.     Komitmen karyawan pada perusahaan
Konsep komitmen ini sangat penting dalam penelitian konsep perilaku organisasi. Hal ini dilakukan  karna banyaknya perilaku yang  di pengaruhi oleh tingkat komitmen yang dimiliki oeh karyawan  tempat mereka bekerja. Sejalan dengan  konsep tersebut mowday,porter dan steers (1982).  Epakat member I pengertian komitmen karyawan terhadap perusahaan  sebagai  hubungan antara karyawan dan perusahaan yang merupakan  orientasi karyawan pada perusahaan  sehingga bersedia menyumbangkan energinya dan  mengikatkan diri melalui aktivitas dan keterlibatan dalam perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Kedua sudut pandang tentang  komitmen sikap dan perilaku merupakan sudut pandang yang tidak saling bertentangan. Kedua konsep terseput sangat berguna untuk memahami komitmen.. komitmen yang berupa sikap memfokuskan pemahaman pada peruses pemikiran individu tentang karyawandan perusahaan.
C.     Hubungan sikap pekerja terhadap penerapan program K3 dengan komitmen ekerja pada pekerjaan

Suma’mur  (1995) mengatakan keselamatan kerja adalah keselamatan yank  berkaitan dengan mesin, pesawat, alat kerja bahan  dan peruses pengolahannya. Berdasarkan tafsiran diatas yang menyatakan  bahwa penerapan K3 berhubungan dengan dinamika psikologis karyawan. Dengan dmikian komitmen terhadap perusahaan  diasumsikan berkaitan dengan pelaksanaan  program K3 yang memberikan rasa kenyamanan dan ketenangan pada pekerja. Dengan kata lain  dapat diasumsikan  bahwa sikap terhadap penerapan  program K3 memiliki hubungan dengan komitmen karyawan dengan terhadap perusahaan. Semakin baik karyawan memberikan dukungan terhadap penerapan K3 maka akan diikuti dengan tingginya komitmen karyawan  terhadap perusahaan.
a.       Variable penelitian
·         Variable independen : komitmen pekerja terhadap K3
·         Variable dependen : komitmen pekerja pada perusahaan
b.      Hepotesa penelitian
Hipotesa penelitian yang akan  di uju adalah ada hubungan  sikap pekeja terhadap penerapan program K3 dengan komitmen pekerja pada perusahaan.






















BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Jenis penelitian
Jenis penelitian bersifat deskiftif analitik
B.     Lokasi dan waktu penelitian
a.       Lokasi
Penelitian di lakukan di PT.suryamas  lestariperima tanjung
 Marowa
b.      Bulan juni –juli 2005
C.     Populasi
Pada penelitian ini karyawan yang bekerja di di PT.suryamas  lestariperima tanjung marowa yaitu sebanyak 629 orang
D.    Metode pengumpulan data
A.    Data primer
Data diperoleh dengan cara wawancara dengan  menggunakan kuesioner
B.     Data sekunder
Data ini mencangkup data umum perusahaan yang di peroleh dari bagian personalia di PT.suryamas  lestariperima tanjung marowa











BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

ü  Dalam  melihat potensi sumber daya alam yang relative tinggi dan berdasarkan permintaan pasar mengakibatkan lahirnya industry , maka penulis harus penggambarkan contoh potensi suber daya alam  tersebut.
ü  Disamping  berdampak positif  pada peningkatan pendapatan devisa Negara juga menguragi beban Negara, dalam masalah tenaga kerja.
ü  Untuk mengantisipasi  terciptanya hasil produksi yang  berkualitas tinggi sesuai dengansetandar pasar internasinal dan sesuai dengan permintaan pasar.





















                                                                       BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
1.      Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian  dan pengolahan data serta analisa yang di lakukan  maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut.
ü  Sikap pekerja terhadap P3, baik di mana pekerja yang memiliki sikap baik sebanyak 76 orang (81,3%).
ü  Komitmen pekerja pada perusahaan baik, dimana pekerja yang memiliki komitmen baik sebanyak 75 orang (80,6%).
ü  Hasil uji chi square menunjukan adanya hubungan yang segnifikan antara sikap terhadap K3 dengan komitmen pada perusaahaan.

2.      Saran
ü  Sikap pekerja terhadap enerapan program K3 sudah baik, sehingga diharapkan  agar  pekerjamempertahankan  dan semakin  meningkatkan  sikapnya terhadap pelaksanaan program K3.
ü  Komitmen pekerja pada perusahaan  juga sudah  baik , diharapkan  komitmen pekerja lebih di tingkatkan lagi
ü  Semakin baik sikap terhadap penerapan program K3, semakin baik pula komitmen pekerja, sehingga perusahaan di harapkan lebih memoerhatikan  penerapan  program K3.










       DAFTAR PUSTAKA
1.      Prabowo, 2002 MENGAPA SESEORANG BERTAHAN DALA ORGANISASI
KAJIAN ILMIAH PSIKOLOGI NO 2 hal  111-117
2.      Alwi s 2001 manajemen sumber daya manusia. Strategi keunggulan kempetitif
BPFE-yogyakarta
3.      Gerungan  w. a  . 1988 psikologi social. PT refika aditama bandung.
4.      Notoatmojo s. 1993, pengantar ilmu kesehatan dan perilaku kesehatan . andioffset Yogyakarta.

5.      Arikunto s. 2003. Manajemen penelitian. Penerbit rineka cipta, jakarta

No comments:

Post a Comment

Tampilan arsip Teratas

PSEA (Protection from Sexual Exploitation and Abuse)

PERKENALAN PSEA (Protection from Sexual Exploitation and Abuse) Dalam semua konteks di mana lembaga atau organisasi pembangunan dan/atau ban...

Tampilan Arsip Populer